Bisnis Spa : Bisnis Wangi yang Tidak Ada Matinya untuk Para Bidan dan Tenaga Medis

                Spa dewasa ini sudah bukan kata yang terdengar asing untuk masyarakat Indonesia terutama di kota-kota metropolis ataupun kota yang menjadi destinasi wisata, bahkan spa sudah merambah tidak hanya untuk kalangan exclusive atau eksekutif akan tetapi juga mulai digemari oleh kalangan masyarakat menengah kebawah bahkan menginjak tahun 2010 spa juga sudah dilakukan untuk bayi.

Kondisi ini Sangat berbeda ketika kita melihat di 10 – 12 tahun kebelakang, Spa hanya dikenal kalangan tertentu misalnya mereka yang bekerja di bidang entertain, pekerja eksekutif, peminat kecantikan.

Sehingga mereka yang datang pun hanya kalangan tertentu dan di tempat tertentu misalnya hotel, resort, kapal pesiar, atau pun tempat exclusive.

Bisa dibayangkan berapa harga yang harus dibayar ketika orang datang berkunjung ke sebuah tempat spa untuk mendapatkan perawatan, tentu saja harus mengeluarkan kocek yang cukup dalam dengan harga yang fantastis.

Karena faktor pendukung untuk menjadikan tempat spa yang bener benar memenuhi standar yang berkualitas dengan atmosfer yang supernyaman membutuhkan dana yang tidak sedikit. itulah sebabnya di era 10 – 12 tahun kebelakang tidak banyak orang yang mampu membuka usaha bisnis spa.

Seiring perkembangan jaman, berubah pula tingkat kebutuhan manusia termasuk juga kebutuhan manusia untuk mendapatkan treatment yang dapat membantu merelaksasikan tubuh yang telah penat atau sebuah tempat yang dapat membantu merefreshkan pikiran, terutama mereka yang berada di kota metropolitan. Maka Spa menjadi sebuah tempat alternative yang dapat menjawab kebutuhan tentang hal tersebut.

Bagaimana Membuka Bisnis spa yang sesungguhnya ?

Kondisi kota metropolis dengan segala tekanannya, banyak membuat orang stress dan kondisi ini menjadi suatu peluang bagi para pebisnis untuk membuat sebuat tempat Spa. akan tetapi banyak yang tidak mengetahui secara detail bagaimana tempat spa yangnyaman dan bisa membantu untuk menjawab kebutuhan manusia. Banyak yang membuat tempat massage/panti pijat yang diklaim sebagai sebuah tempat spa. Arti kata SPA sendiri adalah terapi kesehatan yang menggunakan air itu artinya akhir dari sebuah treatment spa adalah kesegaran/air, bisa dengan berendam dibathup, jakuzzi, whirlpool ataupun mandi dengan menggunakan shower. bagaimana membuat tempat spa sederhana tetapi memenuhi standar sebuah tempat spa

  1. Harus memenuhi unsur keindahan terutama yang berkaitan dengan indera mata. Dimulai dari sisi luar gedung/rumah yang akan digunakan untuk spa ada taman atau tanaman hijau.
  2. Berkaitan dengan indera penciuman, mulai dari pintu masuk sudah tercium aroma terapi yang menyegarkan dan merelekskan
  3. Berkaitan dengan telinga, ketika memasuki ruangan spa tidak hanya aroma terapi yang tercium menyegarkan akan tetapi juga harus ada alunan musik yang lembut yang disesuaikan dengan konsep SPA yang dipilih.
  4. Berkaitan dengan indera perasa, yang perlu diperhatikan selain dari indera mata, penciuman, telinga, adalah indera perasa yaitu dengan menghidangkan minuman penyegar kepada para peminat SPA. bisa berupa wedang atau minuman herbal yang di sesuai kan dengan treatment yang dipilih.
  5. Berkaitan dengan indera kulit, selain massage yang menjadi point penting dalam keberhasilan sebuah tempat yang digemari oleh peminat SPA, maka point yang lain adalah penggunaan bahan rempah yang digunakan untuk perawatan kulit dan memanjakan tubuh. Bisa berupa : scrub, lulur, masker untuk badan dan wajah,

Kelima point ini adalah syarat dasar yang harus dipenuhi untuk bisa membuka usaha SPA yang benar –benar bisa disebut SPA.

Perkembangan jaman tidak hanya memberikan pengaruh terhadap kebutuhan SPA terhadap orang dewasa, akan tetapi karena pergeseran nilai dan pengetahuan maka SPA tidak hanya diminati oleh orang dewasa, akan tetapi bayi pun memerlukan sebuah tempat SPA.

Yang dimaksud dengan pergeseran nilai disini adalah di era sebelum millineum orang tidak banyak mengenal baby spa, para orang tua secara turun temurun membawa treatment untuk baby mereka ke dukun pijat yang memang popular di masa itu. Dukun pijat bayi yang juga mendapatkan keahlian turun temurun membantu melakukan perawatan terhadap bayi dengan ilmu tradisional yang mereka warisi. Terkadang perawatan yang dilakukan oleh dukun pijat tanpa mempertimbangkan kondisi psikologis si bayi. sedangkan pada baby SPA therapis harus mempertimbangkan kondisi psikologi si bayi, treatment dilakukan pada saat bayi benar benar sudah merasa nyaman.

Mom, Baby and Kids Spa : Alternative Bisnis yang Menjadi Incaran para Bidan

Baby spa mulai dikenal di Indonesia di dekade tahun 2000 an, kala itu masih dikenal di kota besar seperti Jakarta melalui water therapy atau terapi air, istilah terapi air ini dikenal juga dengan nama hydrotherapy/water flotation/aquatic physical therapy.

Yang di maksud dengan hydrotherapy/water flotation/aquatic physical therapy adalah bayi berendam di dalam kolam kecil atau kolam baby dengan menggunakan neckring atau pelampung yang di pasangkan di leher si bayi sehingga bayi bebas menggerakkan tangan, lengan dan tungkai kakinya, kondisi seperti ini membuat bayi seperti berada dalam kandungan ibunya bebas menggerakkan tungkai kakinya. Melalui therapy air ini akan memberikan stimulasi kepada si bayi untuk mengkoordinasikan keseimbangan terhadap syaraf motorik si bayi. Dari beberapa penelitian bayi yang melakukan therapy air memperoleh kualitas tidur yang lebih baik dan sangat bagus untuk tumbuh kembang anak.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan No 900/MENKES/VII/2002 tentang Registrasi dan Praktek Bidan Pasal 14 bahwa pelayanan bidan meliputi : a). pelayanan kebidanan. B) Pelayanan Keluarga berencana. c) Pelayanan Kesehatan Masyarakat.

Mengenai pelayanan kebidanan ini dijelaskan kembali didalam pasal 15 meliputi pelayanan kepada ibu pada masa pranikah, prahamil, masa kehamilan, masa nifas, menyusui dan masa antara (periode interval ), sedangkan pelayanan bidan kepada anak diberikan pada masa bayi baru lahir, masa bayi, masa anak balita dan masa pra sekolah.

Dengan berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan no 900/MENKES/VII/2002 mendorong para bidan membuka pelayanan kesehatan terhadap Ibu dan Anak menjadi lebih luas.

Sesuai dengan pasal 15 tersebut salah satu pelayanan bidan yang yang dapat di berikan untuk ibu dan anak melalui program SPA yaitu SPA untuk ibu, bayi dan anak, yang lebih dikenal dengan nama Mom, baby and kids spa. melalui menu menu yang ada pada program mom baby and kids spa para bidan dapat membantu para ibu baik pra nikah, pra hamil, masa kehamilan, masa menyusui, masa nifas, bayi baru lahir, masa batita dan pra sekolah untuk mendapatkan treatment yang sesuai dengan masanya.

Pelayanan bidan terhadap ibu bayi dan anak ini,menjadi peluang baru bagi para bidan untuk mengembangkan usaha pelayanannya terlebih era “ dukun pijat bayi “ mulai bergeser. Sehingga banyak para ibu muda yang lebih mempercayai para bidan untuk menangani mulai dari konsultasi pra nikah proses kehamilan persalinan dan perkembang si bayi.

Bahkan untuk ibu yang tidak bisa datang berkunjung ke bidan praktek, maka pelayanan bisa dilakukan dengan cara mengunjungi rumah si ibu melalui program home care.

Mengawali usaha bisnis Spa

Selalu ada pertanyaan yang muncul, ketika akan memulai usaha bisnis spa berapa modal yang dibutuhkan, darimana memulainya.bagaimana perijinannya dan sebagainya.

Modal utama dalam setiap membangun sebuah usaha adalah niat atau keinginan yang kuat untuk berwirausaha dan konsep yang jelas. Dengan niat dan konsep yang jelas maka usaha yang dimulai akan lebih fokus terlebih jika usaha tersebut sangat berkaitan erat dengan bidang yang dijalani seperti halnya Spa untuk ibu bayi dan anak yang punya kaitan erat dengan bidang para bidan.

Modal utama untuk mengawali usaha spa ini adalah skill atau kemampuan massage dengan tehnik massage yang benar. Tanpa modal pun jika menguasai tehnik massage yang benar bisa menjadi jalan untuk membuka usaha. Caranya adalah dengan menjadi tenaga therapis panggilan atau yang lebih dikenal dengan nama Home care (perawatan ke rumah ). Melalui home care bisa menjadi jalan untuk membentuk jaringan dan lebih dikenal di masyarakat Melalui home care juga bisa mengumpulkan modal untuk membuka usaha sendiri. untuk mendapatkan ketrampilan tehnik massage yang benar bisa mengikuti program pelatihan mengenai bidang usaha yang mau dibuka yang dalam hal ini adalah mengenai spa.

Salah satu lembaga yang konsen terhadap perkembangan SPA di Indonesia adalah PT. Richindo Yogyakarta melalui divisi Jogja Learning Center. sejak tahun 2010 PT, Richindo Yogyakarta telah mengadakan kegiatan Pelatihan Peningkatan SDM, salah satunya adalah ketrampilan mengenai massage untuk SPA. Jogja Learning center telah banyak mencetak tenaga tenaga trampil sebagai pengusaha, therapis SPA yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Materi –materi yang diberikan pada pelatihan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh para pengusaha spa, bidan atau pun tenaga medis. Sehingga materi dari pelatihan ini bisa di aplikasikan oleh peserta pelatihan untuk membuka usaha.

Untuk bisa membuka usaha Spa tanpa mengalami kebingungan darimana mengawalinya peserta dapat mengikuti Pelatihan Manajemen Bisnis Spa. karena materi manajemen bisnis spa terdiri dari :

  • Usaha Konsep Spa
  • Design dan layout spa
  • Analisa keuangan Spa
  • -‘ Penyusunan menu Spa
  • -.Promosi dan pemasaran Spa
  • -. Penyusunan Standar operasional Prosedur/SOP

Setelah melalui pelatihan manajemen bisnis spa untuk bisa membuka usaha dibutuhkan adanya ketrampilan/tehnik massage spa . materi pelatihan yang dapat diikuti ada pelatihan MOM, BABY and Kids Spa terdiri dari :

  1. Baby Gym
  2. Baby swimming
  3. Baby massage
  4. Kids Spa
  5. Spa ibu hamil
  6. Refleksi
  7. Head and Face massage
  8. Back Treatment
  9. Hot wrapping

Untuk Materi lanjutan terkait dengan ibu pasca melahirkan dapat mengikuti Pelatihan POST NATAL TRADITIONAL TREATMENT, materi ini meliputi :

  1. Tradisional Slimming Treatment
  2. Perawatan Perut/abdominal treatment
  3. Ratus treatment/perawatan kewanitaan
  4. Pijat laktasi/perawatan payudara
  5. Traditional foot treatment.

Kesimpulan

                Bisnis SPA termasuk salah satu bisnis yang tidak ada matinya sepanjang masih ada peradaban manusia sepanjang itulah kebutuhan akan adanya usaha SPA. karena semakin maju peradaban manusia semakin banyak manusia yang mengalami depresi karena tekanan kehidupan sehingga diperlukan adanya tempat yang bisa menyelaraskan tubuh dan mengharmoniskan syaraf. perkembangan SPA dewasa ini tidak hanya untuk manusia dewasa tetapi juga dibutuhkan sejak bayi baru lahir. beberapa penelitian menunjukkan bayi yang melakukan treatment secara teratur melalui hydro therapy massage mengalami pertumbuhan yang lebih baik.

Pelatihan Spa Bulan Mei 2017 Post Natal Treatment Mei 2017

Richindo Jogja Learning Center telah perpengalaman sejak tahun 2010 mengundang anda untuk mengikuti pelatihan yang kami selenggarakan reguler setiap bulan. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami di :

BBM 582A52F4
WA/SMS 081328330545

Recent search terms:

tinggalkan Komentar