KEWIRAUSAHAAN PERSIAPAN PENSIUN

LATAR BELAKANG

Kerja tidak ubahnya seperti sebuah perjalanan hidup, ada fase awal ada fase akhir. Begitu pula setiap karyawan, cepat atau lambat  akan mengalami masa pensiun. Bagi sebagian orang memasuki  masa pensiun merupakan  perubahan yang sangat besar dalam  hidup. Permasalahan yang sering  muncul diantaranya menurunnya  sikap mental positif, hilangnya jabatan, menurunnya penghasilan, menurunnya  rasa eksistensi dan kepercayaan diri , masalah kesehatan  sehingga mengakibatkan stress.  Gejala tersebut sering disebut dengan istilah post power syndrome.

Untuk mengatasi semua permasalahan tersebut, maka perlu diberikan pembekalan pembekalan melalui Pelatihan Kewirausahaan Persiapan Masa  Pensiun. Program ini dirancang untuk memberikan pembekalan, baik secara intelektual, mental  maupun spiritual, pembekalan kesehatan,  penelusuran  potensi diri,  serta pembekalan kewirausahaan/bisnis.  Pembekalan secara intelektual dimaksudkan untuk membangun mindset baru terhadap pengtahuan/ilmu yang akan diberikan.  Pembekalan mental dan spiritual dimaksudkan agar para karyawan (calon pensiun) dapat menghadapi masa pensiun dan menjalaninya dengan lebih tenang dan sikap mental positif. Pembekalan kesehatan dimaksudkan agar para karyawan dapat hidup lebih bugar dan sehat lahir batin dimasa pensiun. Penelusuran potensi diri dimaksudkan untuk mengenal dan meningkatkan potensi yang dimiliki  sehingga dapat lebih maju dan berkembang. Pembekalan kewirausahaan /bisnis dimaksudkan agar karyawan dapat dapat mengetahui berbagai alternatif  kegiatan usaha/bisnis  yang dapat dijalani pada masa pensiun dan termotivasi untuk memiliki usaha/bisnis menuju pada kemandirian.

TUJUAN dan MANFAAT PELATIHAN

TUJUAN  dari Pelatihan ini adalah untuk :

Pelatihan ini didesain sedemikian rupa sehingga sangat efektif  untuk memberikan kesadaran tentang   pentingnya persiapan masa pensiun  dalam berbagai  aspek kehidupan. Secara garis besar tujuan pelatihan ini adalah:

  1. Memberikan pembekalan kepara calon pensiunan untuk mempersiapkan diri secara optimal dalam menghadapi masa purnatugas, sehingga mereka dapat meminimalkan dampak psikologis yang mungkin timbul.
  2. Peserta dapat memahami  tentang perencanaan keuangan yang aman, manajemen resiko  resiko keuangan dimasa purna tugas, pertimbangan dan pemilihan jenis investasi  yang relatif aman.
  3. Peserta dapat mengetahui dan lebih mengenal potensi diri agar dapat mengembangkan  kekuatan dan kemampuan bakat yang dimikinya.
  4. Peserta dapat memahami cara mengelola dana dan keuangan secara  lebih efektif.
  5. Peserta  mempunyai pemahaman dan pengetahuan mengenai kewirausahaan dan paham bagaimana membangun serta meningkatkan kompetensi kewirausahaan yang dimiliki.
  6. Peserta dapat mengetahui berbagai alternatif sektor usaha yang mungkin bisa dikembangkan dalam mengisi masa pensiun yang produktif.
  7. Peserta dapat memahami bagaimana memulai  dan mengelola usaha yang menguntungkan serta cara mengelola keuangan keluarga dan usaha secara efektif.

MANFAAT

Manfaat Pelatihan ini antara lain meliputi:

  1. Memberikan ketenangan dan kebahagiaan hidup dimasa pensiun.
  2. Meningkatkan  pengetahuan dan potensi diri  dalam berwirausaha.
  3. Meningkatkan  motivasi berwirausaha dan dapat menangkap peluang bisnis serta dapat menjalankan  kegiatan usaha menuju kemandirian dan kesuksesan.

MATERI PELATIHAN

Materi Pelatihan meliputi:

  1. Psikologi
  2. Pengetahuan Kesehatan dan Manajemen Hidup Sehat
  3. Talent Manajemen
  4. Maximizer Potential Talent
  5. Enterpreneurship/Bisnis
  6. Membangun Jiwa Enterprneurship.
  7. Kecerdasan Finansial
  8. Memulai Bisnis dan Analisa  Kelayakan Usaha
  9. Strategi Marketing
  10. Pengelolaan Keuangan Keluarga dan Bisnis
  11. Field Trip ke Industri Kecil  Menengah Tepat Guna
  12. Field Trip ke Sentra Usaha Kecil Menengah (UKM)
  13. Field Trip  ke Sentra Usaha Agro Bisnis Terpadu

SASARAN PELATIHAN

Adapun  sasaran Peserta pelatihan ini adalah para karyawan baik dari lingkungan Pemerintah, karyawan BUMN dan Perusahaan Swasta pada umumnya yang akan segera memasuki masa Purna Tugas .

FASILITAS PELATIHAN

  1. Modul/ Materi Pelatihan
  2. Coffee Break 2(dua) kali;
  3. Lunch 1(satu) kali.
  4. Sertifikat sebagai Output Pelatihan.

Bagi mereka yang berminat mengikuti Pelatihan ini, dapat menghubungi  PT.RICHINDO Yogyakarta, Jln. Parangtritis No. 69 B Yogyakarta, Telp:  (0274) 385 939, atau melalui Contact Person dinomor : 0857 1467 1865 ( titiek Lestari ).

Yogyakarta,        Januari 2013

Direktur

Recent search terms:

tinggalkan Komentar