PELATIHAN MANAJEMEN PENGEMBANGAN USAHA RETAIL

Sejak krisis ekonomi melanda negara kita , lahan kerja informal semakin menjadi pilihan yang effetif dan diminati sedangkan  kerja formal kelihatan semakin menjadi sempit dan sulit terjangkau oleh masyarakat kebanyakan.  Banyak orang yang sudah bekerja disektor formal misalnya karyawan swasta bahkan BUMN,  bisa tiba tiba kehilangan pekerjaan karena pemutusan hubungan kerja,  perusahaan  harus mengurangi jumlah karyawannya atau bahkan perusahaan harus ditutup.

Bagi mereka yang terkena dampaknya  tentu akan sangat berat menjalani kehidupan ini, namun mereka harus tetap bertahan hidup , terlebih lagi tuntutan keluarga adalah satu resiko tersendiri yang harus mereka tanggung.  Maka tidaklah mengherankan  jika saat ini pola pemikiran bisnis kecil-kecilan telah menjadi bagian dari usaha sebagian besar masyarakat kita.  Bila dianilis secara nasional, ternyata usaha berskala kecil ini pulalah yang pada akhirnya  mampu menopang kehidupan ekonomi Indonesia dan mampu bertahan dalam kondisi  minim apa adanya seperti sekarang ini.

Usaha dengan modal yang seadanya serta memanfaatkan apa yang mereka miliki saat ini adalah sebuah ide  cerdas yang dapat digagas  dan  bukan sesuatu yang mengada-ada untuk dijalankan.  Untuk itulah maka PT.RICHINDO Yogyakarta akan memberikan solusi alternatif bagi mereka yang berminat membuka usaha kecil dan sederhana,  namun dengan Konsep Modern. Dalam kaitan menyebarkan ilmu retail  keberbagai kalangan,  kami akan membuka Pelatihan Manajemen Pengembangan Usaha Retail .  Hal ini disadari bahwa dalam upaya persiapan mengembangkan usaha Bisnis Retail, bekal pemahaman terhadap konsep konsep pengelolaan retail secara modern sangat penting untuk dipahami oleh calon pengusaha, mengingat kegagalan dalam pengelolaan akan menimbulkan resiko kerugian yang cukup besar. Sedangkan jika seorang pengusaha bisnis retail tetap bertahan dengan pengelolaan retail secara tradisional sulit  untuk memiliki keunggulan kompetitif yang berkelanjutan,  apalagi ketika harus  dihadapkan dengan semakin berkembangnya ritail retail modern  maupun terjadinya perubahan pola belanja konsumen .

Adapun Tujuan diadakannya Pelatihan Manajemen Pengembangan Usaha Retail ini antaralain  adalah sebagai berikut:

  • Mengembangkan Sumber Daya Manusia dalam hal ini calon pengusaha bisnis retail  yang berpengetahuan,  berkemampuan dan memiliki keahlian melalui:
  1. Pemberian pengetahuan tentang dasar dasar dalam memulai bisnis retail modern skala kecil dan menengah.
  2. Pengetahuan tentang kiat kiat untuk meminimumkan resiko gagal dalam memasuki bisnis retail modern.
  3. Pengetahuan tentang bagaimana menambah peluang sukses  dan bertahan dalam bisnis retail modern.

Sedangkan  Materi yang akan kami sajikan dalam Pelatihan tersebut meliputi:

  1. Manajemen Toko Eceran

Peserta diharapkan dapat mengetahui dan memahami garis-garis besar dari aspek aspek yang ada  dalam Manajemen Toko Eceran. Pokok materi meliputi:

  1. Konsep Toko
  2. Prinsip Pengelolaan Toko
  3. Sasaran Pelanggan
  4. Bauran Produk
  5. Kunci Keberhasilan Toko
  6. Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
  1. 2. Desain Lay Out Toko

Peserta disiapkan untuk dapat membuat perencanaan desain dan lay out Toko sesuai dengan kondisi bentuk bangunan, jenis barang dagangan  dan jenis serta bentuk rak yang tepat dan menarik. Pokok Materi Pelatihan meliputi:

  1. Dasar Dasar Desain Toko
  2. Sasaran Desain Toko
  3. Faktor Faktor Yang Mempengaruhi  Desain Toko
  4. Penelitian Kebutuhan Ruangan
  5. Bentuk –bentuk Lay Out Rak dan Pajangan.

  1. Perencanaan Pengadaan Barang

Peserta diharapkan dapat memiliki kemampuan untuk merencanakan kebutuhan barang-barang dagangan yang tepat , baik dalam jenis, jumlah, waktu  dan pemasok yang tepat  sesuai dengan kebutuhan konsumen yang dituju. Pokok Materi Pelatihan meliputi:

  1. Memilih Barang yang Tepat
  • Memilih Jenis dan kelengkapan barang yang sesuai dengan target konsumen yang dituju.
  • Memilih kelebaran dan kedalaman barang yang akan dijual.
  • Mengenal daur hidup produk.
  • Mencari sumber dan informasi kebutuhan konsumen.
  1. Menetapkan jumlah pembelian yang tepat
  2. Menetapkan waktu pembelian yang tepat.
  3. Memilih  produk yang tepat.
  1. Tehnik Memajang Barang

Peserta diharapkan dapat  mengetahui  cara memajang yang baik, sehingga dapat menyenangkan bagi pembeli  maupun karyawan  sekaligus dapat  meningkatkan penjualan dan mengurangi kemungkinan pencurian. Pokok bahasan meliputi:

  1. Sasaran Pemajangan Barang
  2. Desain rak yang tepat
  3. Tata letak barang di rak
  4. Persyaratan barang yang baik
  5. Berbagai alternatif penempatan posisi letak barang
  6. Tipe tipe pemajangan.
  1. Strategi Penetapan Harga

Peserta diharapkan untuk memiliki kemampuan untuk melakukan perencanaan strategi harga yang tepat, sehingga dapat meningkatkan penjualan dan sekaligus dapat meningkatkan strtegi harga. Pokok bahasan peliputi:

  1. Hubungan antara harga dan mutu barang
  2. Sasaran penetapan harga
  3. Strategi penetapan harga, meliputi:
  • Harga berpedoman pada biaya
  • Harga berpedoman pada persaingan
  • Harga berorientasi pada permintaan
  • Harga psikological
  1. Peralatan Tehnology Retail : Cash Register /Post & Electronic Data Capture

Peserta diharapkan peralatan tehnology retail terkini  untuk tujuan pengendaliand da

pengendalian  dan pengawasan atas setiap arus data barang secara tertib dan teratur, dengan menggunakan pendekatan yang berbasis pemanfaatan terhnology terpadu . Peralatan system mekanisme pengolah data sebagai penyedia informasi untuk menunjang semua aspek kegiatan yang berhubungan dengan operasional, manajemen, analisis maupun dalam pembuatan keputusan. Pokok bahasan meliputi:

  • Menentukan Jenis dan Skala Usaha
  • Menentukan Lingkup dan Prioritas System Informasi yang dibutuhkan.
  • Menentukan Besarnya Volume Data yang akan diproses
  • Menentukan Besarnya Frekwensi Transaksi Data yang akan diproses.
  • Menetukan Jumlah Peralatan Mekanisme yang dibutuhkan
  • Menentukan Struktur Format Data Base.
  • Menentukan Jumlah dan Format Laporan/ Informasi yang dibutuhkan

Pelatihan ini akan diselenggarakan selama 2 (dua) hari, sedangkan untuk waktunya meneyesuaikan dengan quota yang telah ditentukan.  Pelatihan akan dilaksanakan  di PT. RICHINDO Yogyakarta ,  dipandu oleh Pemateri dari Praktisi yang telah berpengalaman dan profesional dibidangnya.

Para peserta akan dikenakan biaya Pelatihan sebesar Rp. 850.000/orang dan akan mendapatkan fasilitas berupa: Material Kit (Modul Pelatihan), 2 x Coffee Break, Lunch, Ruang kelas ber AC serta mendapatkan SERTIFIKAT sebagai Output Pelatihan. Bagi mereka yang berminat mengikuti Pelatihan ini dapat menghubungi : PT. RICHINDO Yogyakarta, Jln . Parangtritis No, 69 B Yogyakarta. Telp.(0274). 385 939, Contact Person: 0857 1467 1865.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Powered by WordPress | Designed by: Free WP Themes. | Thanks to Best Free WordPress Themes, Find WordPress Themes Free and Free WP Themes